Rolex Explorer I vs Rolex Explorer II, Apa Perbedaannya?

Rolex Explorer I vs Rolex Explorer II

Rolex meluncurkan series Explorer untuk para petualang dunia. Mereka memulai koleksinya dengan Explorer I di tahun 1953 kemudian memproduksi Explorer II, dua puluh tahun setelahnya. Lalu, apa beda Rolex Explorer I vs Rolex Explorer II?

Mari kita lihat perbedaannya dalam artikel kali ini! 

Sejarah Rolex Explorer I

prototipe Rolex Explorer

Pada tahun 1953, Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay berhasil mencapai puncak gunung Everest untuk pertama kali. Rolex-lah yang memberikan sponsor untuk ekspedisi ini. 

Tujuannya sederhana, mereka ingin mengukur ketangguhan prototipe Rolex Explorer di puncak gunung tertinggi di dunia. 

Nama referensi untuk Rolex Explorer pertama ini adalah Referensi 6350. Meskipun prototipe-nya sudah ada sejak tahun 1950, Rolex baru meluncurkannya pada tahun 1953.

6 tahun kemudian, Rolex memulai debut Referensi 6610 yang punya caseback lebih rata daripada model sebelumnya. Namun, variasi paling terkenal dari Rolex Explorer I justru jatuh ke Referensi 1016. 

Terlebih lagi, variasi inilah yang diproduksi secara terus menerus selama 26 tahun yaitu sejak 1963 hingga 1989. 

Evolusi Rolex Explorer II

alternatif Rolex Explorer

Di tahun 1971, Rolex meluncurkan debut Rolex Explorer II yang pertama yaitu Ref. 1655. Mereka membuat koleksi ini sebagai alternatif Rolex Explorer untuk speleologis dan para peneliti yang bekerja di kutub utara serta kutub selatan. 

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, daerah polar bumi membuat manusia sulit membedakan siang dan malam. Oleh karena itulah, Rolex Explorer 2 punya fitur GMT hand dan bezel 24 jam. Tambahan GMT hand inilah yang kemudian bikin Explorer II punya ciri khas. 

Rolex Explorer 2 punya varian Mark 1 dan Mark 2. Perbedaannya terletak pada GMT hand-nya. MK2 punya hand yang lebih besar daripada MK1. 

Perbedaan Explorer I dan Explorer II

Sampai sini Anda mungkin makin penasaran. Lalu, apa beda antara Explorer I dan II?

Explorer I punya sejarah mountaineering dan berukuran lebih kecil dari Explorer II.  Terlebih lagi, Rolex Referensi 6610 memang punya caseback yang lebih rata daripada model sebelumnya. Inilah yang membuatnya spesial dan berbeda daripada Rolex Explorer II. 

Pada tahun 1971, saat Rolex meluncurkan Explorer II, mereka memperkenalkan tambahan estetika dan pembaruan teknis antara Explorer I dan II. Mereka mendesain Rolex Explorer II khusus untuk para explorer yang bekerja di daerah kutub di mana siang dan malam terasa sama. 

Oleh karena itu, Rolex Explorer 2 punya fitur GMT hand atau bezel 24 jam yang bisa membantu penggunanya membedakan siang dan malam. Tambahan bezel ini dulunya berwarna merah dan oranye. Lambat laun, inilah yang menjadi trademark Explorer II dan membedakannya dengan Explorer I. 

Kombinasi fitur-fitur Explorer II ini ternyata bisa memaksimalkan penggunaannya di segala kondisi. Lebih daripada itu, bezel 24 jam ternyata juga bisa membantu penggunanya mengidentifikasi arah di daerah kutub. Kemampuan baru ini pun akhirnya menjadi landasan untuk mengembangkan Rolex Explorer II ke tahap berikutnya. 

Singkatnya, Anda bisa melihat perbedaan Rolex Explorer I dan II pada tabel ini: 

Parameter

Explorer I

Explorer II

Bahan 

Stainless Steel

Stainless Steel

Water Resistant

Hingga kedalaman 100 meter

Hingga kedalaman 100 meter

Estetika 

Minimalis

Sporty

Case Diameter

36 mm, 39 mm

40 mm, 42 mm

Fitur 

Self winding chronometer

GMT Hand

Reference Model

ref. 6610, ref. 1016, ref. 14270, ref. 214270

Ref. 16550, ref. 16570, ref. 216570, ref. 226570

Kesimpulan

Kendati ada banyak persamaan antara Explorer I dan II, keduanya tentu saja tetap memiliki perbedaan yang jelas. Utamanya, Explorer I punya desain yang cenderung simple, slim dan minimalis. Dengan kata lain Explorer I tampak seperti Rolex klasik yang bisa Anda gunakan di kantor. 

Di sisi lain, Explorer II menawarkan kesan yang lebih besar dan sporty. Lebih daripada itu, Explorer II juga menawarkan teknologi yang lebih baik dengan adanya GMT hand. Jadi, Explorer II adalah pilihan yang lebih praktis dan tahan lama untuk para petualang.

Itulah perbedaan antara Rolex Explorer I vs Rolex Explorer II. Jangan lupa kunjungi Omniluxe untuk membeli koleksi Rolex yang Anda inginkan!

Best Buyers

We only sell to qualified buyers with the best value.