15 Istilah di Dunia Jam Tangan yang Penting untuk Pemula

Komponen jam tangan

Pernah mengenal istilah Chronograph, Perpetual Calendar dan Moonphase? Beberapa istilah di dunia jam tangan tersebut mungkin kurang familiar bagi mereka yang baru menekuni dunia jam tangan. Sebagian orang beranggapan bahwa mendalami dunia jam tangan sangat menyenangkan tetapi sekaligus menantang karena adanya berbagai istilah khusus yang ada.

Bagi pemula, daftar istilah jam tangan berikut dapat Anda jadikan acuan untuk mengenal lebih banyak istilah khusus dalam dunia jam tangan.    

Daftar Istilah di Dunia Jam Tangan

Ada 15 istilah di dunia jam tangan yang wajib diketahui sebelum Anda berinvestasi atau membeli jam tangan. Simak poin-poinnya berikut ini:

1. Case

Merupakan wadah tempat mesin jam atau movements berada. Bagian ini penting karena berfungsi untuk melindungi mesin agar tidak terkena benturan, tahan air dan awet. Material yang umum untuk membuat case beragam misalnya titanium, stainless steel dan keramik.  

2. Sub-Dial

Sub dial merujuk pada bagian pada permukaan dial yang menampilkan informasi khusus yang berbeda. Sub dial umumnya ditemukan pada jam tangan kronograf. Namun, seiring waktu, penggunaan sub dial juga telah diperluas untuk menampilkan informasi lain seperti tanggal atau indikator siang/malam.

3. Power Reserve

Fitur power reserve berfungsi untuk memberitahu pemakai berapa waktu yang tersisa sebelum mekanisme pada jam tersebut berhenti karena belum diputar atau diaktifkan. Power reserve yang umum kita jumpai di jam tangan otomatis ini biasanya berada di kisaran 30-48 jam..

4. Bezel

Bezel merupakan komponen jam tangan pada bagian case yang berupa cincin terbuat dari logam. Awalnya bezel hanya dipasang melingkar dengan kuat pada kristal pelindung. Namun, kini Anda dapat memutar bezel karena memiliki fitur seperti tachymeter atau indeks.

5. Carat

Karat merupakan satuan pengukur kemurnian emas atau massa batu permata. Umumnya, jam tangan mewah memiliki kadar emas yang berbeda misalnya 8 karat, 14 karat atau 18 karat.

6. Chronograph

Chronograph merupakan jam tangan yang memiliki fitur stop karena adanya tombol tekan di bagian bawah atau atas crown.

7. Crown

Crown adalah sekrup kecil yang biasanya terletak di kanan tengah badan jam tangan. Bagian ini memiliki peran penting karena membantu Anda mengatur waktu dan tanggal dengan cara memutar jarum dial jam tangan.

8. Crystal

Kaca penutup pada jam tangan yang umumnya berupa bahan kristal safir pada jam tangan mewah. Crystal memiliki fungsi penting karena melindungi jam serta mengurangi pantulan sinar.

9. Tachymeter

Manfaat dari fitur Tachymeter adalah untuk mengukur kecepatan kendaraan sesuai dengan waktu tempuhnya. Umumnya fitur ini berupa skala yang berada di bezel atau dial jam tangan pilot atau penyelam (diver). Juri pada kejuaraan balap mobil atau motor biasanya menggunakan fitur ini untuk mencatat waktu kendaraan yang berlomba di ajang tersebut.

10. Glidelock System

Merupakan sistem ekstensi untuk bagian strap jam tangan yang dipatenkan oleh Rolex. Jadi, pemakai dapat menyesuaikan tali jam tangannya serta memperpanjangnya hingga 30mm.

11. Dual Time

Dual Time watch merupakan jam tangan dengan dua jarum penunjuk waktu sehingga dapat menunjukkan dua zona waktu yang berbeda. Jenis jam seperti ini sangat bermanfaat bagi para petualang karena mempermudah dalam mengatur waktu ketika berada di wilayah dengan zona waktu yang berbeda.

12. GMT Watch

Merupakan jam tangan yang memiliki kemampuan untuk melacak dua zona waktu pada saat bersamaan. Rolex merupakan perusahaan yang pertama kali mengembangkan fitur ini di tahun 1950an.

13. Luminous Material

Merupakan bahan bercahaya untuk melapisi komponen jam tangan digital dan analog misalnya bagian indeks, angka dan jarum jam agar mudah membaca informasi di bawah pencahayaan buruk. Dahulu umumnya menggunakan tritium dan radium, namun kini lebih banyak menggunakan superluminova yang lebih aman.

14. Moon Phase

Merupakan jam tangan yang memungkinkan pemakainya untuk mengetahui berbagai fase bulan misalnya bulan sabit, bulan setengah maupun bulan purnama. Lama waktu siklus bulan adalah 29 hari, 12 jam, 44 m3nit dan 2,8 detik. Rangkaian rasio gear pada jam tersebut dapat menghitung siklus bulan karena adanya center wheel pada mesin jam yang mampu membuat satu putaran per jam.

15. Perpetual Calendar

Jenis jam dengan fitur perpetual calendar memiliki kompleksitas mekanis yang sangat tinggi dan rumit. Alhasil, jam ini mampu secara otomatis mengoreksi tahun kabisat dan bulan yang memiliki jumlah hari kurang dari 31.

Kesimpulan

Untuk terjun mendalami dunia jam tangan maka Anda perlu mengenal istilah di dunia jam tangan seperti contoh di atas. Namun, jika Anda memiliki berbagai koleksi timepiece dan ingin menjualnya, maka Anda dapat memilih fitur consignment di website kami berikut untuk hasil jual maksimal. 

Silahkan hubungi tim kami untuk informasi lebih lengkap.

Best Buyers

We only sell to qualified buyers with the best value.