Perbedaan Rolex Date vs Datejust, Serupa Tapi Tak Sama Reading Rolex Submariner: Sejarah Ikon Jam Tangan Penyelam Pertama 4 minutes Next Kapan Anda Harus Service Jam Tangan Mewah?

Rolex Submariner: Sejarah Ikon Jam Tangan Penyelam Pertama

Rolex submariner

Kisah Rolex Submariner berawal dari tahun 1953. Tahun ini tentu saja menandai sejarah horologi. Pasalnya, setelah Rolex Submariner muncul sebagai pelopor, hampir semua desain jam tangan penyelam mengikutinya. 

Meskipun memiliki tempat istimewa dalam sejarah dan warisan Rolex, Submariner juga termasuk jam tangan yang terdepan di kalibernya. Anda bahkan bisa melihat James Bond menggunakan jam tangan ini di layar lebar. 

Oleh karena itulah, Rolex Submariner berubah menjadi ikon budaya internasional. Bahkan, jam tangan ini telah menjadi salah satu timepiece yang paling berpengaruh di dunia.

Sejak kemunculannya, Submariner terus mengalami evolusi. Namun, model jam tangan ini masih sangat mirip dengan versi pertamanya. Jika Anda penasaran dengan sejarah Rolex Submariner, kami akan menjelaskan kisahnya secara lengkap pada artikel ini. 

Panduan Lengkap Rolex Submariner Pertama

Rolex submariner 6204

Rolex merilis Submariner pertama pada tahun 1953. Walaupun terdapat beberapa perdebatan mengenai awal mulanya, banyak yang percaya bahwa ref. 6204 adalah yang pertama. 

Padahal, tiga referensi Submariner yang berbeda muncul dalam tahun pertama kehadirannya. Namun kebanyakan sarjana dan kolektor meyakini bahwa ref. 6204 adalah yang pertama. Ini berdasarkan nomor seri yang terukir pada jam tangan yang masih ada.

Fitur dari model awal Submariner ini mencakup bezel hitam yang dapat diputar dengan skala 60 menit. Tentu saja, ini dirancang untuk membantu pengguna mengukur waktu berbagai peristiwa di bawah air, seperti berhenti dekompresi dan waktu dasar. Pada ref. 6204, bezel terbuat dari paduan tembaga. 

Karakteristik Rolex Submariner 6204

Rolex submariner pertama

Saat Submariner pertama kali muncul, Rolex sudah memiliki reputasi yang bagus. Terlebih lagi dengan munculnya Submariner yang kemudian dianggap sejajar dengan Rolex Oyster.

Pada model Rolex Submariner 6204, kotak Oyster punya bagian belakang yang melengkung untuk menampung gerakan otomatis. 

Lebih daripada itu, Submariner juga punya mahkota sekrup dengan tipe "small crown" untuk menjaga ketahanan air hingga 100 meter. Oleh karena itulah, Submariner adalah jam tangan pertama yang mampu mencapai kedalaman 100 meter. 

Sebagai jam tangan klasik, model ref. 6204 juga menggunakan kaca akrilik yang lebih tebal dengan bentuk melengkung yang khas.

Ref. 6204 juga memiliki dial "Gilt", dengan teks berwarna emas dan permukaan hitam yang mengkilap. 

Efek mengkilap pada banyak contoh awal ref. 6204 telah memudar seiring waktu menjadi lebih matte. Namun, jika jam tangan mengalami pergantian dial pada akhir tahun 50-an atau awal tahun 60-an, permukaannya mungkin sedikit berbeda. 

Selanjutnya, Rolex membuat berbagai gaya jarum untuk model 6204. Pada awalnya, ada jarum dengan gaya "Pencil" dan jarum detik dengan bentuk permen lolipop. 

Bagian lingkaran kecil pada jarum detik bisa berada di ujung atau lebih dekat ke dasar jarum, tergantung pada varian tertentu. Ukuran lingkaran juga berbeda, beberapa memiliki lingkaran detik lebih besar yang disebut "Big Bubble".

Selain itu, beberapa contoh ref. 6204 memiliki jarum gaya klasik "Mercedes" yang sering dikombinasikan dengan jarum detik "Big Bubble".

Koleksi Langka Rolex Submariner 6204

harga rolex submariner

Banyaknya variasi dari Rolex Submariner pertama inilah yang membuat banyak orang selalu tertarik mengumpulkan beberapa model dan referensinya. Tergantung pada kapan jam tangan tertentu diproduksi, ada beberapa variasi dial. 

Salah satu yang paling langka adalah dial "Split Logo." Dial ini tercetak tepat di atas dan di sisi kiri dan kanan jarum tengah yang terpasang. 

Perlu Anda ketahui juga, Rolex hanya memproduksi Submariner 6204 selama satu tahun. Jadi, Submariner ini adalah salah satu jam tangan Submariner vintage Rolex yang paling langka dan sulit didapat. 

Banyak yang memiliki jam tangan ini karena mendapat warisan dari orang tua mereka. Jika tidak, mereka harus pergi keliling dunia dan merogoh kocek yang tidak sedikit. Anda mungkin masih bisa mendapatkan Submariner di grey market, tetapi hampir tidak mungkin membelinya di authorized dealer Rolex. Dengan demikian, harga Rolex Submariner juga semakin melangit. 

Namun, jangan khawatir! Omniluxe juga menerima titip jual Rolex dari seluruh Indonesia. Jadi, jika Anda termasuk kolektor Rolex Submariner, segera kunjungi toko kami untuk melihat koleksinya! Mungkin Anda dapat menjadi salah satu orang yang beruntung mendapatkan koleksi Submariner Vintage keinginan Anda.  

Best Buyers

We only sell to qualified buyers with the best value.